By, Tgk. Salamuddin AY
Dalam
meningkatkan motivasi belajar seorang murid harus memiliki 10 etika yang dipaparkan oleh Imam Al-Ghazali.
11. Murid harus membersihkan jiwanya terlebih
dahulu dari akhlak yang buruk dan sifat- sifat yang tercela. Hal ini didasarkan
pada pandangannya bahwa ilmu adalah ibadah hati dan merupakan shalat secara
rahasia dan dapat mendekatkan bathin kepada Allah.
22. Murid hendaknya tidak banyak melibatkan diri
dalam urusan duniawi. Ia harus bersungguh - sungguh dan bekerja keras menuntut
ilmu.
33. Jangan menyombongkan diri dengan ilmu yang
dimilikinya dan jangan pula banyak memerintah guru. Ia yang memerlukan
petunjuknya menuju keberhasilan dan menjaganya agar terhindar dari kebodohan
dan celaka kehidupan dunia, dan semua itu dapat dicapai dengan ilmu, dan jangan
mendahului sesuatu pertanyaan terhadap masalah yang belum dijelaskan oleh guru.
44. Murid pemula janganlah melibatkan atau
mendalami perbedaan pendapat para ulama,
karena yang demikian itu dapat menimbulkan prasangka buruk, keragu – raguan,
dan kurang percaya kepada kemampuan guru.
45. Murid jangan berpindah dari suatu ilmu yang
terpuji kepada cabang – cabangnya kecuali setelah ia mendalami pelajaran
sebelumnya, mengingat bahwa berbagai macam ilmu itu saling berkaitan satu sama
lain.
6. Murid jangan menenggelamkan diri pada satu
bidang ilmu saja, melainkan harus menguasai ilmu pendukung lainnya, dan memulai
dengan ilmu yang paling penting, baru mendalami bidang ilmu tertentu , karena
umur yang tersedia tidak cukup untuk menguasai semua bidang ilmu.
77. Murid jangan melibatkan diri terhadap pokok
bahasan tertentu sebelum melengkapi
pokok bahasan lainnya yang menjadi pendukung semua bidang ilmu.
88. Murid harus mengetahui sebab – sebab yabg
dapat menimbulkan kemuliaan ilmu.
99. Murid mencari ilmu harus didasarkan pada
upayanya untuk menghias bathin dan mempercantiknya dengan berbagai keutamaan.
110. Murid harus mengetahui hubungan macam – macam
ilmu dan tujuannya.
Etika – etika murid dalam menuntut ilmu yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali diatas nampaknya mengarah kepada Tasauf. Meskipun demikian, hal ini perlu tetap dipertahankan agar murid selalu menghormati ilmu dan memuliakan gurunya dalam setiap kesempatan karena keberkatan ilmu yang dimiliki oleh murid salah satunya sangat tergantung pada penghormatan kepada ilmu dan pemuliaan kepada guru.
Etika – etika murid dalam menuntut ilmu yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali diatas nampaknya mengarah kepada Tasauf. Meskipun demikian, hal ini perlu tetap dipertahankan agar murid selalu menghormati ilmu dan memuliakan gurunya dalam setiap kesempatan karena keberkatan ilmu yang dimiliki oleh murid salah satunya sangat tergantung pada penghormatan kepada ilmu dan pemuliaan kepada guru.
0 komentar:
Posting Komentar