Sabtu, 24 Mei 2014

Motivasi Belajar Ala Imam Al-Ghazali



Motivasi Belajar Ala Imam Al-Ghazali
By, Tgk. Salamuddin AY     

Dalam meningkatkan motivasi belajar seorang murid harus memiliki  10 etika yang dipaparkan oleh Imam Al-Ghazali.
11. Murid harus membersihkan jiwanya terlebih dahulu dari akhlak yang buruk dan sifat- sifat yang tercela. Hal ini didasarkan pada pandangannya bahwa ilmu adalah ibadah hati dan merupakan shalat secara rahasia dan dapat mendekatkan bathin kepada Allah.

22. Murid hendaknya tidak banyak melibatkan diri dalam urusan duniawi. Ia harus bersungguh - sungguh dan bekerja keras menuntut ilmu.
33.  Jangan menyombongkan diri dengan ilmu yang dimilikinya dan jangan pula banyak memerintah guru. Ia yang memerlukan petunjuknya menuju keberhasilan dan menjaganya agar terhindar dari kebodohan dan celaka kehidupan dunia, dan semua itu dapat dicapai dengan ilmu, dan jangan mendahului sesuatu pertanyaan terhadap masalah yang belum dijelaskan oleh guru.

44. Murid pemula janganlah melibatkan atau mendalami perbedaan pendapat  para ulama, karena yang demikian itu dapat menimbulkan prasangka buruk, keragu – raguan, dan kurang percaya kepada kemampuan guru.

45. Murid jangan berpindah dari suatu ilmu yang terpuji kepada cabang – cabangnya kecuali setelah ia mendalami pelajaran sebelumnya, mengingat bahwa berbagai macam ilmu itu saling berkaitan satu sama lain.

 6. Murid jangan menenggelamkan diri pada satu bidang ilmu saja, melainkan harus menguasai ilmu pendukung lainnya, dan memulai dengan ilmu yang paling penting, baru mendalami bidang ilmu tertentu , karena umur yang tersedia tidak cukup untuk menguasai semua bidang ilmu.

77. Murid jangan melibatkan diri terhadap pokok bahasan tertentu  sebelum melengkapi pokok bahasan lainnya yang menjadi pendukung semua bidang ilmu.

88.  Murid harus mengetahui sebab – sebab yabg dapat menimbulkan kemuliaan ilmu.

99. Murid mencari ilmu harus didasarkan pada upayanya untuk menghias bathin dan mempercantiknya dengan berbagai keutamaan.

110. Murid harus mengetahui hubungan macam – macam ilmu dan tujuannya.

Etika – etika murid dalam menuntut ilmu yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali diatas nampaknya mengarah kepada Tasauf. Meskipun demikian, hal ini perlu tetap dipertahankan agar murid selalu menghormati ilmu dan memuliakan gurunya dalam setiap kesempatan karena keberkatan ilmu yang dimiliki oleh murid salah satunya  sangat tergantung pada penghormatan kepada ilmu dan pemuliaan kepada guru. 

0 komentar:

Posting Komentar