Senin, 08 September 2014

Majelis Zikra Al-Hasani

Hadirilah…!!!

Majelis Dzikir

 

Bersama :

Majelis Zikra Al-Hasani

(Majelis Dzikir & Shalawat)

LPI MUDI MESJID RAYA SAMALANGA

 

 

Bertempat

di :

 

    






 

Agenda :

  Dzikir & Shalawat

(al-Barzanji, ad-Daiba’i, Syaraful-Anam & lainnya)

&

 Dakwah Islamiyyah


Para ‘Ulama berkomentar bahwa dalam pelaksanaan pembacaan Maulid Nabi Saw, sepantasnya kita bisa memperhatikan dengan seksama arti ataupun makna dari bacaan Maulid Nabi Saw yang dibaca dan sepatutnya pula kita mempertautkan hati dengan Baginda Nabi Muhammad Saw.
Bagi yang pernah berziarah ke makam beliau Saw di Madinah al-Munawwarah, mungkin bisa kembali mengingat-ingatnya seakan-akan membaca Maulid Baginda Nabi Saw di hadapan makam beliau yang mulia Saw.
Bagi yang belum pernah berziarah ke makam Nabi Saw maka paling tidak dapat pula  membayangkan merasa dilihat dan didengar sehingga nilai kualitas dari Maulid Nabi Saw, Insya Allah Swt dapat dirasakan kemanfaatannya. Inilah salah satu sirr (rahasia) dari pelaksanaan Maulid Nabi Saw sehingga ketika kembali dari acara Maulid Nabi Saw, hati semakin bercahaya dan semakin bertambah keimanan dan kecintaan kita kepada Allah  Swt dan Rasul-Nya.
Dalam majelis Maulid Nabi Saw, hendaklah bertawakkal kepada Allah Swt, sangat mengharapkan limpahan berkah, rahmat dan maghfirah Allah Swt tercurahkan kepada kita serta membaca Maulid Nabi Saw dengan penuh rasa tawadhu’ dan tadharru’ (menghadirkan perasaan khusyu’, seakan-akan sedang duduk bersama-sama Baginda Nabi Saw dengan para sahabatnya dan para auliya`-Nya yang disaksikan oleh Allah Swt serta para malaikat-Nya).
Menanamkan adab batin ini sungguh sangat utama di dalam menghadiri Maulid Nabi Saw karena Allah Swt melihat dan menyaksikan hati para hamba-Nya.
Salah satu momentum yang baik dan berkah dalam pembacaan Maulid Nabi Saw adalah pada saat Mahallul-Qiyam (saat berdiri), ketika melantunkan: “Yaa Nabi Salam ‘alaika # Yaa Rasul Salam ‘alaika”.
Itulah salah satu kebesaran Allah Swt dan kasih sayang-Nya kepada umat Baginda Nabi Muhammad Saw yang merupakan tetesan-tetesan air ar-Rahmah dari samudera rahmat Ilahi.
Berkata Imam Jalaluddin al-Suyuthi dalam kitabnya, al-Wasail fi Syarh al-Syamail : “Setiap rumah atau mesjid atau kawasan yang dibacakan Maulid Nabi Saw maka pasti orang-orang di tempat itu dinaungi oleh para malaikat dan Allah Swt akan melimpahi mereka dengan rahmat dan dikunjungi malaikat yang membawa cahaya”.
Beliau berkata lagi : “Orang Islam yang membaca Maulid Nabi Saw di rumahnya akan dijauhkan dari segala malapetaka seperti kemarau panjang, wabah, kebakaran, kerusakan, bala bencana, perbuatan hasad dengki, kejahatan, keburukan dan kecurian bagi ahli rumah tersebut. Jika ditakdirkan meninggal pada tahun itu, maka Allah swt akan mudahkan baginya menjawab soalan kubur dan tempatnya adalah di kalangan orang yang berbahagia di sisi Allah Swt yang Maha Menguasai”.
Allah Swt berfirman : “Sesungguhnya Allah Swt dan malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi Saw. Wahai orang-orang beriman, bershalawatlah kalian kepada Nabi Saw dan ucapkan salam penghormatan pula kepadanya”. (QS. al-Taubah : 128).
Nabi Muhammad saw bersabda : “Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah Swt akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan menghapus darinya sepuluh keburukan dan mengangkat ketinggiannya sepuluh derajat (tingkatan di surga kelak)”. (HR. Imam al-Nasai).

“Siapa saja yang rindu kepada Allah Swt dan Rasul-Nya maka Allah Swt dan Rasul Saw juga sangat merindukannya”

          











0 komentar:

Posting Komentar