Minggu, 07 September 2014

Syeikh Abdul Qahir Jurjani, shahib Kitab Awamil Sang Pencetus Ilmu Balaghah

Syeikh Abdul Qahir Jurjani, shahib Kitab Awamil Sang Pencetus Ilmu Balaghah

Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Abdul Qahir bin Abdur Rahman bin Muhammad al-Jurjani. Beliau merupakan pencetus ilmu balaghah. Beliau lahir dan menetap di Negeri Jurjan, satu daerah yang masuk dalam negri Iran saat ini.  Tidak diketahui kapan tahun kelahiran beliau. Beliau dilahirkan dalam keluarga yang miskin. Beliau belajar kepada para ulama negeri kelahirannya sehingga beliau mengungguli para ulama semasa beliau dalam keilmuan. Beliau tidak pernah berangkat ke luar Jurjan untuk menuntut ilmu. Dalam bidang fiqh beliau bermazhab Syafii, sedangkan dalam bidang aqidah beliau merupakan pengikut mazhab Asy`ari [1]

Beliau mengambil ilmu nahwu dari Abu Husen Muhammad bin Hasan al-Farisi. Bahkan Imam Sayuthi dalam kitab Bughyatul Mu`ah mengatakan bahwa Imam Jurjani tidak mengambil ilmu dari selain Imam Abu Husen al-Farisi. Namun Yaqut al-Hamwa menyebutkan salah satu guru dari imam Jurjani adalah Imam Ali bin Abdul Aziz al-Jurjani (w. 392 H) salah seorang qadhi Negri Jurjan.Imam al-Anbari setelah menyebutkan nama guru Imam Jurjani, Abi Husen al-Farisi “dan beliau (Imam Jurjani) banyak menghikayah darinya (Abi Husen al-Farisi) karena beliau tidak pernah bertemu seorang guru yang masyhur dalam ilmu arabiyah selain dari pada Imam Abu Husen, karena beliau tidak pernah keluar dari Negri Jurjan dalam menuntut ilmu, Abu Husen al-Farisi datang ke daerah beliau, maka Imam Jurjani membacakan kitab di hadapan beliau.[2]Maka dari penjelasan Imam al-Anbari dapat diketahui bahwa beliau juga pernah berguru kepada tokoh yang lain tetapi kemasyhuran guru beliau tersebut tidak setingkat dengan Abu Husen al-Farisi. Dari kata al-Anbari yang mengaitkan dengan ilmu Arabiyah, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa beliau juga mengambil disiplin ilmu lain dari guru yang lain.Pujian ulamaSebelum mencetuskan ilmu balagah, Imam Abdul Qahir telah dikenal sebagai pakar dalam ilmu nahwu, selain juga pakar dalam ilmu kalam, dan fiqh.Beliau diakui sebagai ulama yang besar dan berpegang teguh pada agama dan banyak ulama memuji beliau, antara lain:Ulama yang semasa dengan beliau, Abu Hasan al-Bakharzi mengatakan “Semua lidah sepakat bahwa beliau adalah panutan, tempat dan masa menjadi indah dengan sebab beliau, ...beliau adalah orang yang tak tertandingi dalam keilmuanmya yang mulia...”Imam as-Subky mengatakan “Beliau menjadi imam yang masyhur, yang menjadi tujuan dari semua arah, dengan agama yang kuat dan wara` serta sikap yang tenang”.Murid Abu Suja` Imam as-Silafi mengatakan : beliau adalah seorang yang wara` lagi qana`ah. Pernah masuk pencuri ke rumah beliau, mengambil semua barang yang ia temukan dalam rumah beliau, sedangkan beliau melihatnya dalam keadaan shalat dan tidak membatalkan shalat beliau.Yahya bin Hamzah Al-`Alawi ( Wafat 749 H) telah menyebut tentang beliau : Sesungguhnya Abdul Qahir orang pertama yang menyusun kaedah di dalam ilmu ini (ilmu balaghah), dan memperjelaskan dalil-dalilnya, menyusun seluk beluk seninya, membuka kelopak ilmu ini dari pada tutupannya, membukakannya selepas ia tertutup dan dan menjadi kabur, dengan dua buah kitab beliau (Dalail Al-I`jaz dan Asrar Al-Balaghah). Dan belum pernah aku melihat keduanya, sedangkan sangat mencintai dan sangat kagum dengan kedua kitab tersebut, kecuali (yang pernah saya temui) hanya kutipan-kutipan para ulama dalam uraian-uraian mereka.[3]Beliau wafat tahun 471 H, pendapat lain mengatakan tahun 474 H.Karya-karya beliau antara lain:1.       Syarh al-Fatihah (1 jilid)
2.       Asrar Balaghah
3.       Dalail al-I`jaz
4.       al-Jumal fin Nahmi
5.       at-Tatimmah fin Nahwi
6.       al-Mughni fi Syarh al-Idhah Abu Ali al-Farisi (30 jilid)
7.       i`Jaz al-Quran kabir (besar) dan shaghir (kecil) keduanya merupakan syarh bagi kitab I`jaz al-Quran karangan Abu Abdullah al-Wasithy.
8.       al-`Umdah fi Tashrif al-af`al
9.       al-Awamil al-miah fi ilm Nahwi
10.   Tazkirah11.   al-Miftah12.   dll
 Kitab Awamil Miah, adalah sebuah kitab nahu kecil yang di jadikan sebagai kitab pemula bagi pelajar ilmu nahwu (kalau di Aceh di pelajari sebelum mempelajari kitab matan Ajurrumiyah). Kitab ini banyak di syarah oleh ulama lain antara lain: 1.       Ibnu Madas Hisam ad-Din at-Taqani ar-Rumi al-Hanafi
2.       Tashil Nail Amani, karangan ulama Fathani, Thailand, Syeikh Ahmad al-Fathani
3.       Syarh `Awamil miah, karangan Syeikh Khalid al-azhari al-Jarjawi (w. 905 H)
4.       Syarh Awamil karangan Sayyid Syarif Ali  bin Muhammad Jurjani (w. 816 H)
5.       Syarh Awamil karangan Syeikh Nuruddin Abdurrahman al-Jami (w. 898 H)6.       Syarh Awamil al-Miah Nahwiyah karangan Syeikh Yahya bin Nushuh
7.       Fawaid al-`itabiyah fi hall al-Awamil miah, karangan Syeikh Muhammad Abi Qasim al-`Atabi
8.       Tahrir al-Aqwal karangan seorang Tgk. di Panton Labu, Aceh Utara
9.       dll
Kitab Awamil miah juga pernah di gubah menjadi nadham oleh Syeikh Muhammad bin Himad.Kitab awamil berisi tentang 100 amel dalam ilmu nahwu yang di bagi dalam dua jenis amel, lafdhi dan maknawi. amel ma`nawi di bagi dalam 13 bagian (no`). Ada perbedaan jumlah amel pada no` pertama dalam beberapa naskah kitab awamel. Umumnya dalam niskhah yang beredar di Nusantara amel pertama terdiri dari 19 nok yang merupakan huruf jar isem. Namun dalam niskhah yang lain seperti dalam syarah awamel Syekh Nuruddin Abdurrahman al-Jami yang di cetak oleh percetakan Maktabah Madinah Karachi, Pakistan tahun 2007, syarah awamel karangan Syeikh Khalid al-Azhari al-Jarjawi (w. 905 H) yang di vetak oleh percetakan Dar Ma`arif, niskhah awamel cetakan Dar Minhaj tahun 2009 jumlah amel dalam nok pertama adalah 17 . Sumber:
1.       Thabaqah Syafi`iyah Kubra, as-Subki
2.       Bughyatul Mu`ah, Imam Sayuthy
3.       Nazhah al-Anba` fi Tabaqat al-Adibba’
4.       Al-Maraghi Ahmad Mustafa, Tarikh `Ulum Al-Balaghah5.       Muqaddimah Syarah Awamil karangan Syeikh Khalid al-azhari al-Jurjawi
6.       Muqaddimah Tahqiq Kitab al-Jumal karagan Syeikh Abdul Qahr al-Jarjani oleh Ali Hairar  

[1] Imam Sayuthi, Bughyatul Mu`ah jilid 2 hal 206, Maktabah al-Ashariyah
[2] nazhah al-Anbari fi Tabaqat al-Adibba’ hal 314[3] Al-Maraghi Ahmad Mustafa, Tarikh `Ulum Al-Balaghah, 2009, hal 99

0 komentar:

Posting Komentar