Syeikh Abdul Qahir Jurjani, shahib Kitab Awamil
Sang Pencetus Ilmu Balaghah
Beliau
mengambil ilmu nahwu dari Abu Husen Muhammad bin Hasan al-Farisi. Bahkan Imam
Sayuthi dalam kitab Bughyatul Mu`ah mengatakan bahwa Imam Jurjani tidak
mengambil ilmu dari selain Imam Abu Husen al-Farisi. Namun Yaqut al-Hamwa
menyebutkan salah satu guru dari imam Jurjani adalah Imam Ali bin Abdul Aziz
al-Jurjani (w. 392 H) salah seorang qadhi Negri Jurjan.Imam al-Anbari setelah menyebutkan nama guru Imam Jurjani, Abi Husen
al-Farisi “dan beliau (Imam Jurjani) banyak menghikayah darinya (Abi Husen
al-Farisi) karena beliau tidak pernah bertemu seorang guru yang masyhur dalam
ilmu arabiyah selain dari pada Imam Abu Husen, karena beliau tidak pernah
keluar dari Negri Jurjan dalam menuntut ilmu, Abu Husen al-Farisi datang ke
daerah beliau, maka Imam Jurjani membacakan kitab di hadapan beliau.[2]Maka dari penjelasan Imam al-Anbari dapat diketahui bahwa beliau juga
pernah berguru kepada tokoh yang lain tetapi kemasyhuran guru beliau tersebut
tidak setingkat dengan Abu Husen al-Farisi. Dari kata al-Anbari yang mengaitkan
dengan ilmu Arabiyah, maka tidak tertutup kemungkinan bahwa beliau juga
mengambil disiplin ilmu lain dari guru yang lain.Pujian ulamaSebelum mencetuskan ilmu balagah, Imam Abdul Qahir telah dikenal sebagai
pakar dalam ilmu nahwu, selain juga pakar dalam ilmu kalam, dan fiqh.Beliau diakui sebagai ulama yang besar dan berpegang teguh pada agama dan
banyak ulama memuji beliau, antara lain:Ulama yang semasa dengan beliau, Abu Hasan al-Bakharzi mengatakan “Semua
lidah sepakat bahwa beliau adalah panutan, tempat dan masa menjadi indah dengan
sebab beliau, ...beliau adalah orang yang tak tertandingi dalam keilmuanmya
yang mulia...”Imam as-Subky mengatakan “Beliau menjadi imam yang masyhur, yang menjadi
tujuan dari semua arah, dengan agama yang kuat dan wara` serta sikap yang tenang”.Murid Abu Suja` Imam as-Silafi mengatakan : beliau adalah seorang yang
wara` lagi qana`ah. Pernah masuk pencuri ke rumah beliau, mengambil semua
barang yang ia temukan dalam rumah beliau, sedangkan beliau melihatnya dalam
keadaan shalat dan tidak membatalkan shalat beliau.Yahya bin Hamzah Al-`Alawi ( Wafat 749 H) telah menyebut tentang beliau :
Sesungguhnya Abdul Qahir orang pertama yang menyusun kaedah di dalam ilmu ini
(ilmu balaghah), dan memperjelaskan dalil-dalilnya, menyusun seluk beluk
seninya, membuka kelopak ilmu ini dari pada tutupannya, membukakannya selepas
ia tertutup dan dan menjadi kabur, dengan dua buah kitab beliau (Dalail
Al-I`jaz dan Asrar Al-Balaghah). Dan belum pernah aku melihat keduanya, sedangkan
sangat mencintai dan sangat kagum dengan kedua kitab tersebut, kecuali (yang
pernah saya temui) hanya kutipan-kutipan para ulama dalam uraian-uraian mereka.[3]Beliau wafat tahun 471 H, pendapat lain mengatakan tahun 474 H.Karya-karya beliau antara lain:1. Syarh al-Fatihah (1
jilid)
2. Asrar Balaghah
3. Dalail al-I`jaz
4. al-Jumal fin Nahmi
5. at-Tatimmah fin Nahwi
6. al-Mughni fi Syarh
al-Idhah Abu Ali al-Farisi (30 jilid)
7. i`Jaz al-Quran kabir
(besar) dan shaghir (kecil) keduanya merupakan syarh bagi kitab I`jaz al-Quran
karangan Abu Abdullah al-Wasithy.
8. al-`Umdah fi Tashrif
al-af`al
9. al-Awamil al-miah fi
ilm Nahwi
10. Tazkirah11. al-Miftah12. dll
Kitab Awamil
Miah, adalah sebuah kitab nahu kecil yang di jadikan sebagai kitab pemula bagi
pelajar ilmu nahwu (kalau di Aceh di pelajari sebelum mempelajari kitab matan
Ajurrumiyah). Kitab ini banyak di syarah oleh ulama lain antara lain: 1.
Ibnu Madas Hisam ad-Din at-Taqani ar-Rumi
al-Hanafi
2.
Tashil Nail Amani, karangan ulama Fathani,
Thailand, Syeikh Ahmad al-Fathani
3.
Syarh `Awamil miah, karangan Syeikh Khalid
al-azhari al-Jarjawi (w. 905 H)
4.
Syarh Awamil karangan Sayyid Syarif Ali bin Muhammad Jurjani (w. 816 H)
5.
Syarh Awamil karangan
Syeikh Nuruddin Abdurrahman al-Jami (w. 898 H)6.
Syarh Awamil al-Miah Nahwiyah karangan Syeikh
Yahya bin Nushuh
7.
Fawaid al-`itabiyah fi hall al-Awamil miah,
karangan Syeikh Muhammad Abi Qasim al-`Atabi
8.
Tahrir al-Aqwal karangan seorang Tgk. di Panton
Labu, Aceh Utara
9.
dll
Kitab Awamil
miah juga pernah di gubah menjadi nadham oleh Syeikh Muhammad bin Himad.Kitab awamil berisi tentang 100 amel dalam ilmu nahwu yang
di bagi dalam dua jenis amel, lafdhi dan maknawi. amel ma`nawi di bagi dalam 13
bagian (no`). Ada perbedaan jumlah amel pada no` pertama dalam beberapa naskah
kitab awamel. Umumnya dalam niskhah yang beredar di Nusantara amel pertama
terdiri dari 19 nok yang merupakan huruf jar isem. Namun dalam niskhah yang
lain seperti dalam syarah awamel Syekh Nuruddin Abdurrahman al-Jami yang di
cetak oleh percetakan Maktabah Madinah Karachi, Pakistan tahun 2007, syarah
awamel karangan Syeikh Khalid al-Azhari al-Jarjawi (w. 905 H) yang di vetak
oleh percetakan Dar Ma`arif, niskhah awamel cetakan Dar Minhaj tahun 2009
jumlah amel dalam nok pertama adalah 17 . Sumber:
1.
Thabaqah Syafi`iyah Kubra, as-Subki
2.
Bughyatul Mu`ah, Imam Sayuthy
3.
Nazhah al-Anba` fi Tabaqat al-Adibba’
4.
Al-Maraghi Ahmad Mustafa, Tarikh `Ulum Al-Balaghah5.
Muqaddimah Syarah Awamil karangan Syeikh Khalid
al-azhari al-Jurjawi
6.
Muqaddimah Tahqiq Kitab
al-Jumal karagan Syeikh Abdul Qahr al-Jarjani oleh Ali Hairar
[1] Imam Sayuthi, Bughyatul Mu`ah jilid 2 hal 206, Maktabah al-Ashariyah
0 komentar:
Posting Komentar