Jumat, 04 Juli 2014

CARA JITU MENJADI DA’I NOMOR SATU


CARA JITU MENJADI DA’I NOMOR SATU



      Assalamu’alaikum,,, kaifa halukum,, yaa ikhwani fid din,,,?
Pasti lagi seru-serunya ngikutin ujian ya...! moga Allah memudahkan dan melancarkan semua urusan.

Nah,, BTW, ne kan dah mau dekat bulan Ramadhan, pada episode MUDI POST kali ini “ El- Faqir” nak menyajikan kiat2 menjadi da’i nomor wahed alias nomor 1, “El” yakin pasti banyak dari ikhwan yang menjadi muballigh, ya kan,,,!!, kalo akhwatnya ada gak ya yg jadi muballighah..! he he,, mungkin ada tapi di rumah kali ye..!

Sebenarnya El cuman mau berbagi pegalaman buat teman-teman dalam bidang berpidato, kiat-kiat berikut ini hasil dari pegalaman El selama berkarir,, kiatnya sebagai berikut..!
1.       Persiapkan text pidato
Nah,,, kita2 ne kan pemula,, jadi wajib buat text pidatonggak cukup dengan konsep aja, karena nanti pas lagi perform (tampil) bisa mati gaya, apa lagi klo banyak kaum hawanya.. gimana kan berabee,,!!

Trus,, klo ada text pidato ngomongnya gak ngawur,, sahabat2 cuman mikirin gimana caranya menyampaikan tanpa harus berpikir lagi apa yang harus disampaikan, klo gak,, ente-ente harus mikir 2 hal, apa yang akan disampaikan dan bagaimana cara menyampaikan.

2.       Tes dulu baru tampil
Hmm, penting ni...!! sebelum malam tampil para muballigh harus ngetes dulu di depan cermin, sampee lancar betul;, jangan sampee lupa,, lakukan tes sebanyak mungkin.!

3.       Harus on time...!!
Teks pidato Ramadhan gak boleh panjang2 kali, kamu itu bukan mau dakwah tapi tausiah Ramadhan, jkadi waktunya antara 15 sape 20 menit, kalo kelamaan audiensnya bisa bosan, karena para jama’ah lagi mikir Es teller sama boh rom-rom tadi sore yang masih sisa di bawah tutop sangee,,!! Ha ha,,  ingat,,, jangan kelamaan, harus on time,,
Kecuali kalau ada permintaan dari jama’ah, tu baru boleh lama-lama,,! Yang penting jama’ah senang...!

4.       Wajib autentik (harus bener, gak boleh bohong...)
Buat text pidato harus wajib benar,, dosa loe klo nya,mpein yang bukan-bukan, klo para sahabat bawa ayat atau hadis nabi, cek dulu gimana tafsirnya yang bener, jangan asal tafsir,, dosa..! lihat kittan tafsir jalalain atau tafsir2 yang lain, klo hadis lihat kitab shahih bukari atau shahih musle, lihat syarahnya di kitab fathul barri,, atau lebih mantapnya,, muraja’ah sulu sama guru2nya sebelum teksnya dipakai, biar lebih Auka’ fin nafsi..

5.       PD aja lagi...
Gak boleh malu-malu and jagan malu-maluin, anggap aja yang dengar itu orang-orangan bukan orang beneran (he ... he), hmmm. Klo “El” biasanya baca shalawat banyak – banyak biar lebih tenang..!
Klo gak PD bisa berabee,,, bisa hilang semua konsep yang udah dihapal cuman karena gak PD,, jadi Labuddda PD..!

6.       Sesuaikan teks,
Nah,, klo pemula bagusnya buat teks yang berpoin biar lebih mudah di ingat, misalnya “ empat golongan manusia yang dirindukan surga”. Trus isi pembahasan yang dipilih baiknya yang berkenan dengan fadhilah-fadhilah amal atau lainnya,, jangan berbicara tentang khilafiah,, karena kita belum mampu untuk membendung debatan dari orang-orang yang tidak sepaham,, biarlah khilafiyah diurus oleh guru2 kita yang lebih mengerti,, kita selaku pemula cukup dengan renungan qalbu.! Gimana,,, cocok kan,,!

7.       Harus steady alias rapi
Pakaian harus necis, lengkap dengan gamis dan rida’ biar lebih meyakinkan, jangan pake baju kusut sama ija krong geuteen,, “ rhet marwah teungku..!”

8.       Qul Ma taf’al
Yang disampaikan itu harus diamalkan jangan sampai kita tergolong dalam golongan yang dibenci Allah, lantaran cuman menyampaikan aja tapi tidak mengamalkan.
Ayat
Jangan sampe, malamnya bertausiah, sorenya JJS sama si fatimah,, ha,, ha,, han ek ta ma mam,,, menye lagee nyan.!
9.       Harus ikhlas
Heemmm, jangan harap ujrah..!!! kalo dikasih ambil,, tapi klo gak dikasih jangan maen hati,, klo terlanjur makan hati,, apapun makanannya minumnya, teh botol sosro,.!! ,he,,, he.

10.   Do’a
Nah,, ne dia ne yang paling penting, karena bagaimanapun semua ditentukan oleh takdir Allah, manusia Cuma merencanakan dan Allah yang menentukan. Untuk hasil yang maksimal harus dengan konsep 3B, “ Berusaha, Berdo’a, dan Bertawakkal”, insya Allah barakah.!!!

Nah ,, sahabat  sekalian,, inilah sedikit pengalaman yang dapat “El”  bagikan ke teman2,, moga bermanfaat dan dapat dipergunakan,, selamat mencoba,,!!!  Wassalamu’alaikum.,

                                                                                                                                       By;  El-Faqir
                                                                                                                                Santri dayah Mudi Mesra
                                                                                                                          Finalis “ Da’i Muda Mudi Mesra”
 



0 komentar:

Posting Komentar