Kamis, 31 Juli 2014

ANALISIS SAKARIN DALAM SELAI NANAS SECARA SPEKTROFOTOMETRI YANG BEREDAR DI BANDA ACEH


ABSTRAK

Telah dilakukan analisis sakarin dalam selai nanas secara spektrofotometri, yang beredar di Peunayong Banda Aceh, pada tanggal 3 - 5 Juni 2013, di laboratorium pengujian Akafarma dan laboratorium penelitian Jurusan Kimia FMIPA Unsyiah Banda Aceh. Analisis ini betujuan untuk mengetahui komposisi sakarin mengunakan spektrofotometer UV-VIS dengan metode kurva kalibrasi, terhadap serangkaian konsentrasi larutan standar sakarin 20, 40, 60, 80, dan 100 ppm. Sakarin dalam selai nanas dipisahkan dengan pelarut organik kloroform. Ekstrak sakarin dalam fase air diencerkan dan diukur absorbansinya pada panjang gelombang 266 nm. Hasil analisis statistik deskriptif menggunakan persamaan regresi linear menunjukkan bahwa dalam selai nanas mengandung sakarin dengan komposisi 0,00055 mg/kg. Komposisi sakarin dalam selai nanas tersebut berada dalam rentang baku mutu yang ditetapkan oleh permenkes 033 / Menkes / Per / 1X / 2012 sebesar 200 mg/kg bahan.


Kata kunci : Sakarin, Selai Nanas, Spektrofotometri.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
                          


5.1. Kesimpulan

1.      Selai nanas yang beredar di peunayong banda aceh mengandung Sakarin
2.      Komposisi sakarin dalam selai nanas adalah 0,00055 mg/kg bahan, masih sesuai dengan batas penggunaan sakarin yang ditetapkan oleh permenkes RI No 033 / Menkes / Per / IX / 2012 yaitu di bawah 200 mg/kg bahan.

5.2. Saran
1.      Diharapkan kepada penguji selanjutnya untuk menentukan kadar pemanis lain seperti siklamat, aspartam, dan sorbitol dengan metode yang sama
2.      Diharapkan kepada penguji selanjutnya untuk menentukan kadar sakarin dengan metode yang lain seperti kromatografi lapis tipis.

2 komentar:

  1. Ini ngga ada file yg untk di download min??

    BalasHapus
  2. assalamulaikum, kak boleh minta cara kerja penelitiannya? untuk penelitian KTI kak.. mohon dijawab ya kak, terimkasih

    BalasHapus