Minggu, 31 Agustus 2014

CARA MUDAH MENGUASAI 16 TENSES

CARA MUDAH MENGUASAI 16 TENSES
Ada yang bilang, belajar 16 tenses itu sangat sukar. Tingkat kesukarannya melebihi Rumus kimia hehe……tapi sebenarnya tidak demikian. Pada dasarnya, rumus utama yang sangat kita perlukan adalah kemauan yang tinggi untuk bisa ( sebenarnya ini bukan hanya berlaku dalam mempelajari tenses, tapi semuamya, termasuk hal hal yang tidak berkaitan dengan ilmu sekalipun, untuk mendapatkannya diperlukan kemauan yang tinggi dalam diri)


Dalam kesempatan kali ini, saya akan mengajak teman teman semua untuk  menghilangkan asumsi bahwa “belajar tenses itu sangat sulit”, dengan memberikan tujuh anak kunci yang beberapa tahun yang lalu diberikan oleh guru saya semasa masih belajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Beureunuen. Tapi ingat, teman teman harus menjaga ke tujuh kunci ini dengan baik, karena ke tujuh kunci ini tidak bisa di buat duplikatnya di uee glee ( hehe.. ), jadi kalau hilang satu saja, maka ke enam kunci yang lain tidak bisa digunakan dengan maksimal.

Ok my lovely friends!!! I would like to share you the seven awesome keys ……here we go….
                                                           
"KEYS TO MASTER 16 TENSES"

                                                NOMINAL                                        VERBAL
  1. PRESENT                  :  TOBE(IS,AM,ARE)             /    DO/DOES(V1+S/ES)
  2. PAST                          :  TOBE(WAS,WERE)           /    DID + V1 (V2)
  3. FUTURE                   :  WILL/SHALL+BE             /    V1
  4. PAST FUTURE          : WOULD/SHOULD+BE      /    V1
  5. PERFECT                   :  HAVE/HAS+BEEN           /   V3
  6. PAST PERFECT        : HAD+BEEN                        /    V3
  7. CONTINUOUS         : BEING                                 /    V1+ing
Apa yang ada di pikiran teman teman sesudah membaca rumus diatas?  Mungkin teman-teman akan bertanya, “bagaimana cara mengaplikasikan rumus tersebut”?
Baik, sebelumnya saya ingin memberitahu bahwa kita hanya akan membahas tentang tenses yang “nominal” saja.
 Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggabungkan komponen komponen yang dibutuhkan untuk membuat tensesnya, misalnya kita ingin membuat bentuk “past future  perfect continuous”, berarti kita tinggal menggabungkan point ke 4, 5, dan 7, sehingga menjadi : S + TOBE (WOULD / SHOULD) + HAVE / HAS + BEEN + O/C
Ada Beberapa Catatan Yang Harus Diperhatikan :
1.      Sebelum kalimat terakhir, semuanya menggunakan tenses nominal, seperti pada contoh di atas “past future  perfect continous”, maka sebelum “continous” , tenses nya semuanya menggunakan rumus  nominal.
2.      Khusus Pada tenses yang ada present perfect nya, tobe present nya di hilangkan, sehingga jika kita ingin membuat “present perfect” yang nominal, maka rumusnya adalah sebagai berikut : s + have / has + been + o/c
e. g : I have been a student.
3.      Khusus Pada tenses yang ada future perfect nya, tobe future nya tidak di hilangkan semua, hanya “be” saja yang di hilangkan. sehingga jika kita ingin membuat “future perfect” yang nominal, maka rumusnya adlah sebagai berikut :
s + will / shall+ have / has + been + o/c
e. g : I will have been a student

Baiklah teman teman, untuk postingan kali ini hanya ini saja yang dapat saya sampaikan. Mudah-mdahan kita semua selalu mendapatkan taufiq dan hidayah  dari allah
Wassalam………

Written by : tgk. Ahmad al-azhary



0 komentar:

Posting Komentar