Selasa, 26 Agustus 2014

KEIKUTSERTAAN REMAJA DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN (Studi Kasus Gampong Mideun Geudong, Kecamatan Samalanga)


ABSTRAK


            Peran remaja dalam mewujudkan generasi yang penuh dengan nilai syariat merupakan hal yang sangat mendasar dalam pelaksanaan agama Islam secara sempurna. Adapun yang menjadi focus masalah dalam skripsi ini adalah Gampong Mideun Geudong yang di pandang daerah kuat syariat yang di nilai melalui banyaknya tempat-tempat pengajian dari terbesar sampai terkecil. Oleh karena itu penulis ingin mengkaji bagaimana keikutsertaan remaja dan sejauhmana peran remaja dalam masyarakat di Gampong Mideun Geudong. Penelitan ini bertujuan untuk memahami keikutsertaan remaja dalam kegiatan keagamaan dan memahami sejauhmana kiprah remaja dalam kegiatan keagamaan. Adapun manfaatnya adalah dapat menambah ilmu bagi penulis sendiri dan bagi masyarakat sehingga dapat melahirkan perubahan positif bagi masyarakat pada umumnya di Gampong Mideun Geudong dalam memposisikan remaja dalam setiap kegiatan sosial keagamaan dan menerapkan sistem perbaikan daerah dengan menanam rasa tanggung jawab bermasyarakat dan beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus yang berorientasi pada metode pengolahan dan analisis data dengan menggunakan metode kualitatif yang bersumber data library research dan field research, penulis menggunakan data tertulis dan data lisan dengan mewawancarai tokoh-tokoh masyarakat dan ketua-ketua pemuda untuk mendapatkan berbagai informasi yang penulis butuhkan. Setelah semua data terkumpul, penulis dapat mengambil kesimpulan yang bahwa keikutsertaan remaja di Gampong Mideun Geudong merupakan yang sangat baik dalam Kecamatan Samalanga. Hal ini dapat terbukti melalui banyaknya kegiatan yang di ikutsertaan remaja dalam pelaksanaannya, seperti memeriahkan hari-hari besar Islam dan menghidupkan rutinitas Ramadhan dan sebagainya. Kepedulian orang tua terhadap perkembangan remaja dapat di nilai maksimal walaupun ada sebagian kecil yang sama sekali yang tidak memperhatikan hal tersebut. Penulis mengharapkan semua elemen masyarakat berpartisipasi dalam membangun jiwa yang Islami dalam jiwa generasi muda, baik dari keluarga, masyarakat dan instansi pemerintah maupun ulama-ulama setempat untuk bisa merealisasikan status remaja sebagai penanggung jawab agama sesuai dengan tuntutan syariat.

 BAB IV
PENUTUP

Sebagai bab bagian terakhir dari skripsi ini, penulis mengambil kesimpulan dan saran-saran dari uraian-uraian yang telah ada sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

A.    KESIMPULAN
1.      Aktifitas keagamaan yang dilaksanakan Gampong Mideun Geudong sangat mempengaruhi dan membentuk kepribadian remaja secara keseluruhan, baik melalui lembaga keagamaan maupun lembaga sosial. Dengan adanya kerja sama semua pihak dalam membina generasi muda, maka akan terlaksana sebagaimana diharapkan. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka remaja tidak akan memperoleh pembinaan yang sempurna dan pada gilirannya akan membawa warna dan corak yang tidak baik serta melunturkan nilai-nilai syariat di Gampong Mideun Geudong. Keikutsertaan remaja dalam kegiatan keagamaan mencakup seluruh kegiatan dari yang dilaksanakan secara massal maupun secara kekeluargaan. Sejauh mana kepedulian orang tua dan instansi pemerintah dalam membina remaja berjiwa tanggung jawab terhadap agama, maka berbagai konsekwensinya akan terwujud lewat gerak dan kiprah remaja dalam berbagai aktifitas keagamaan.
2.      Peran aktif remaja dalam aktifitas-aktifitas keagamaan melalui perayaan hari-hari bersejarah dalam Islam, seperti maulid Nabi Muhammad SAW, Isra' dan Mi'raj, tahun baru Islam dan aktifitas rutin bulan Ramadhan. Dalam hal ini juga sering diadakan juga berbagi perlombaan sebagai motifasi bagi remaja yang memiliki berbagi potensi, seperti Dalail Khairat, lomba pidato, hafal al-Quran, tajhiz mayat dan berbagai jenis kegiatan lainnya. Pelaksanaan berbagai aktifitas keagamaan biasanya berlangsung di meunasah, mesjid, balai-balai pengajian, pesantren-pesantren dan mushalla. Keikutsertaan remaja dalam kegiatan dalam keagamaan di Gampong Mideun Geudong merupakan usaha untuk mencapai tujuan penerapan nilai-nilai agama dalam pribadi remaja dan untuk mewujudkan pengembangan remaja sebagai kader yang akan menjadi generasi penerus di masa yang akan datang, juga sebagai usaha untuk menanamkan akidah yang benar serta mengatasi keprihatinan sosial dalam berbagai problema remaja yang timbul di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan agama tersebut merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan dan sangat menentukan keberhasilan remaja dalam mengamalkan ajaran Islam. Untuk membangun bangsa dan agama yang lebih maju maka kehadiran remaja dalam  berbagai aktifitas sangat menentukan kondisi masyarakat kedepan.

B. SARAN-SARAN
Untuk melengkapi pembahasan dalam skripsi ini dapat dikemukakan beberapa saran berupa anjuran-anjuran atau himbauan untuk menunjang keberhasilan dakwah Islamiyah berkat keikutsertaan remaja dalam aktifitas keagamaan, khususnya di Gampong Mideun Geudong.
1. Hendaknya remaja lebih giat dalam meningkatkan ilmu agama untuk bisa terjawab berbagai hal yang mungkin terjadi sebagai penghalang jalannya syariat Islam, baik dalam jalur agama itu sendiri maupun dalam bidang sosial.
2. Hendaknya pemimpin formal memberi contoh yang baik dalam membina dan dalam menghadapi berbagai masalah agama dan syiar-syiar yang perlu di kembangkan.
3. Seluruh elemen masyarakat dan para da'i-da'i sangat dibutuhkan untuk mengayomi dan mengarahkan remaja untuk mencapai negeri yang makmur dan tentram di masa yang akan datang.
4. Para pemuda hendaklah memperdalam ilmu agama Islam dengan cara menimba ilmu agama di pondok pesantren, balai pengajian, mendengar ceramah agama, membaca buku-buku agama dan dengan mengikuti berbagai pengajian-pengajian yang diadakan secara langsung maupun secara interaktif yang biasa diselenggarakan di stasiun telavisi maupun melalui pesawat radio.
5. Masyarakat hendaknya menuntut ilmu yang menyangkut dengan ukhrawi dan duniawi serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Demikianlah skripsi ini di susun, kiranya bermanfaat terutama bagi penulis sendiri dan juga kepada mahasiswa dan pembaca lainnya, semoga dapat menjadi literatur tambahan dalam menambah pengetahuan bagi umat Islam, kususnya bagi seluruh calon sarjana-sarjana dan umumnya kepada seluruh masyarakat Islam.









0 komentar:

Posting Komentar