|
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak
Di Desa Aluebu Tuha Kecamatan Peureulak Barat”. Adapun permasalahan yang
ingin diteliti adalah tentang kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan anak di Desa Aluebu Tuha. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Tingkat
Kepedulian Orang Tua dalam melaksanakan pendidikan
anaknya, bagaimana kepedulian Orang Tua tehadap pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Metode deskriptif dengan teknik penelitian library
Research dan Field Research, sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah Observasi, Angket dan Wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Orang Tua di Desa Aluebu Tuha Kecamatan Peureulak
Barat sudah menerapkan pendidikan kepada anaknya, baik
pendidikan umum maupun pendidikan agama. Namun dalam mendidik Orang Tua
mengalami kendala atau hambatan seperti pergaulan anak, ekonomi keluarga dan
pengaruh lingkungan, dalam hal ini Orang Tua kurang memiliki wawasan dalam
mendidik anak disebabkan karena tingkat pendidikan mereka yang rendah atau
terbatasnya ilmu pengetahuan dalam mendidik anak, serta waktu yang disediakan
sangat terbatas karena kesibukan dalam mencari nafkah.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Orang Tua
berkewajiban mendidik anak supaya menjadi insan yang kamil, sempurna imannya,
orang tua wajib mentrasfer semua ilmu kepadanya baik ilmu agama maupun ilmu
umum, walaupun Ilmu pengetahuan masih terbatas dalam mendidik anak namun orang
tua Desa Aluebu Tuha sudah melaksanakan kewajibannya
dengan baik walaupun belum sempurna, ini terlihat adanya orang tua mengantar
anak-anaknya kelembaga pendidikan formal dan non formal.
2. Faktor yang mempengaruhi
kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak yang timbul
dalam hati orang tua dan membawa
dampak yang sangat besar terhadap perkembangan anaknya atau usaha supaya pendidikan anaknya berjalan lancar.
Adapun fakto-faktor yang dilakukan oleh orang tua Desa Aluebu Tuha
adalah faktor internal, faktor
eksternal dan factor pendekatan
B. Saran-Saran
1. Diharapkan kepada semua Orang Tua Di Desa Aluebu Tuha, agar benar-benar memperhatikan pendidikan
anak-anaknya, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Anak-anak yang
kurang mendapatkan pendidikan di harapkan dapat mempersiapkan dirinya secara
matang dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin maju dan modern.
2.
Diharapkan
kepada Orang Tua agar dapat meluangkan sedikit
waktunya untuk kepentingan anak-anak, karena anak akan menilai bahwa
waktu dan perhatian yang diberikan tesebut merupakan ungkapan rasa kasih sayang
Orang Tua terhadap mereka.
3.
Di harapkan
kepada Orang Tua khususnya di Desa Aluebu Tuha agar
mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam mendidik anak,
Orang Tua senantiasa mengontrol setiap prilaku dan lingkungan pergaulan anak, supaya anak tidak
terjerumus kedalam hal-hal yang tidak kita harapkan.
Dengan beberapa
kesimpulan dan saran yang penulis kemukakan dalam skripsi ini, penulis
mengharapkan kiranya tulisan ini ada mamfaatnya bagi kita khususnya bagi Orang
Tua sebagai pendidik penerus bangsa.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Mustaqim, Menjadi Orang Tua Bijak,
Cet.I, Bandung: Al-Bayan Mizan Pustaka, 2005.
Abdurrahman An-Nahlawy, Prinsip-prinsip dan
Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat. Cet. II,
Bandung: Diponogoro, 1992.
Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan
Islam. Cet I, Jakarta: Bumi
Aksara, 1994.
Ali Abd Halim Mahmud, Pendidikan Rohani,
Jakarta: Gema Insani Press, 2000.
Amir Daien Indra Kusuma, Pengantar Ilmu
Jiwa Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973.
Arief S. Sardiman, M. Sc dkk. Media
Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Carter V Good Editor, Dictonary Of Education Universiti Of
Cincinnanti, Newyork: Toronto London,
1959.
Garungan,W.A, Psikologi Pendidikan, Yogjakarta: Rajawali, 1980.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.
Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Herman Warsito, Pengantar Metode
Penelitian, Jakarta: Gema Gramedia Pustaka Utama, 1992.
Joudah Muhammad Awwad, Mendidik Anak Secara
Islami, Jakarta: Gema Press 1987.
Koutsar Muhammad A-Mainawi, Hak-hak Anak
Dalam Keluarga Muslim, Terjemahan Souri Suduhri, Cet 1, Jakarta: Pustaka
Al-Koutsar, 1996.
Moh. Irfan., MaJalah Ikhlas Beramal,
“Pendidikan Agama Dalam Keluarga” Jakarta , 2001.
Muhammad Arifin, M,Ed, Hubungan Timbal
Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Jakarta: Bulan
Bintang,1978.
Muhammad Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu
Jaya, 1997.
|
Muhammad Ngalim, Mp. Ilmu
Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdda Karya, 1992.
MadePiderta, Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Mazhahiri Husain, Pintar Mendidik Anak
Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja,, Jakarta: Bina Aksara 1989.
Muhammad Athiyah Al-Absyari, Al-Tarbiyah
Al-Islamiyah, Tp. Daral Fikri Al-Arabi, tt.
________, Terjemahan Bustami Dan Djohan
Bahri, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.
Muhammad Sa’id Maulawi, Mendidik Generasi
Islami, Cet I, Jogjakarta: Izzan
Pustaka,2002.
Muhammad Taqi Falsafi, Anak Antara Kekuatan
Gen dan Pendidikan, Bogor: Cahaya
2002.
Muhibbin Syah, Psikologi Pedidikan Dengan
Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.
Nasir Budiman, Pendidikan dalam perspektif
Al-Qur’an , Jakarta: Madani press, 2001.
Poerwadaminta,W.j.S Kamus Umum bahasa
Indonesia, Jakarta: PT.Balai Pustaka, 1976.
Saiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar,
Jakarta: Rinneka Cipta, 2002.
Sardiman A.M, Interaksi Dan Motivasi
Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 1992.
________, Interaksi
Dan Motivasi Dalam Belajar, Jakarta: Rajawali, 1987.
Sastropraja M, Kanus Istilah Pendidikan
Pengajaran dan Umum, Surabaya: Usha Nasional, 1987.
Soemardi Suryabrata, Psikologi Pendidikan,
Jakarta: Rajawali Press, 1990.
Soergarda Poerbawakatja, Ensiklopedi
Pendidikan, Cet.II, Jakarta: Gunung Agung, 1981.
Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan
Remaja, Jakarta: Bina Aksara 19882
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian,
Jakarta : Rineka Cipta, 1993.
________, Prosedur Penelitan, Edisi
Revisi V, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.
Sulaiman Sudarsono, Kamus Pendidikan
Pengajaran dan Umum. Cet I, Jakarta: Renika Cipta, 1994.
Sutari Imam Bernadib, Pengantar Ilmu
Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: Andi Offes, 1997.
Wasty Soemanto, Psikologi pendidikan,
Malang: Rineka Cipta 1990.
________, Psikologi Pendidikan;
Landasan Kerja Pemimpi Pendidikan, Jakarta: Rinneka Cipta, 2003.
Zakiah Drajat, Pembinaan Anak, Cet IV,
Jakarta: Bulan Bintang, 1982.
________, Ilmu Pendidikan Islam, Cet.
I, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam,
Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
0 komentar:
Posting Komentar