Jumat, 22 Agustus 2014

KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI DESA ALUE BU TUHA KECAMATAN PEUREULAK BARAT



 


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Desa Aluebu Tuha Kecamatan Peureulak Barat”. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah tentang kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan anak di Desa Aluebu Tuha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kepedulian Orang Tua dalam melaksanakan pendidikan anaknya, bagaimana kepedulian Orang Tua tehadap pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif dengan teknik penelitian library Research dan Field Research, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Angket dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orang Tua di Desa Aluebu Tuha Kecamatan Peureulak Barat sudah menerapkan pendidikan kepada anaknya, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Namun dalam mendidik Orang Tua mengalami kendala atau hambatan seperti pergaulan anak, ekonomi keluarga dan pengaruh lingkungan, dalam hal ini Orang Tua kurang memiliki wawasan dalam mendidik anak disebabkan karena tingkat pendidikan mereka yang rendah atau terbatasnya ilmu pengetahuan dalam mendidik anak, serta waktu yang disediakan sangat terbatas karena kesibukan dalam mencari nafkah.   


BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
1.      Orang Tua berkewajiban mendidik anak supaya menjadi insan yang kamil, sempurna imannya, orang tua wajib mentrasfer semua ilmu kepadanya baik ilmu agama maupun ilmu umum, walaupun Ilmu pengetahuan masih terbatas dalam mendidik anak namun orang tua Desa Aluebu Tuha sudah melaksanakan kewajibannya dengan baik walaupun belum sempurna, ini terlihat adanya orang tua mengantar anak-anaknya kelembaga pendidikan formal dan non formal.
2.       Faktor yang mempengaruhi kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak yang timbul dalam hati orang tua dan membawa dampak yang sangat besar terhadap perkembangan anaknya atau usaha supaya pendidikan anaknya berjalan lancar. Adapun fakto-faktor yang dilakukan oleh orang tua Desa Aluebu Tuha adalah faktor internal, faktor eksternal dan factor pendekatan
B. Saran-Saran
1. Diharapkan kepada semua Orang Tua Di Desa Aluebu Tuha, agar benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anaknya, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama. Anak-anak yang kurang mendapatkan pendidikan di harapkan dapat mempersiapkan dirinya secara matang dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin maju dan modern.
2.      Diharapkan kepada Orang Tua agar dapat meluangkan sedikit  waktunya untuk kepentingan anak-anak, karena anak akan menilai bahwa waktu dan perhatian yang diberikan tesebut merupakan ungkapan rasa kasih sayang Orang Tua terhadap mereka. 
3.      Di harapkan kepada Orang Tua khususnya di Desa Aluebu Tuha agar mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam mendidik anak, Orang Tua senantiasa mengontrol setiap prilaku dan  lingkungan pergaulan anak, supaya anak tidak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak kita harapkan.    
            Dengan beberapa kesimpulan dan saran yang penulis kemukakan dalam skripsi ini, penulis mengharapkan kiranya tulisan ini ada mamfaatnya bagi kita khususnya bagi Orang Tua sebagai pendidik penerus bangsa.











DAFTAR PUSTAKA
Abdul Mustaqim, Menjadi Orang Tua Bijak, Cet.I, Bandung: Al-Bayan Mizan Pustaka, 2005.
Abdurrahman An-Nahlawy, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat. Cet. II, Bandung: Diponogoro, 1992. 
Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam. Cet I, Jakarta:  Bumi Aksara, 1994. 
Ali Abd Halim Mahmud, Pendidikan Rohani, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.                  
Amir Daien Indra Kusuma, Pengantar Ilmu Jiwa Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973.
Arief S. Sardiman, M. Sc dkk. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Carter V Good Editor, Dictonary Of Education Universiti Of Cincinnanti, Newyork:  Toronto London, 1959.
Garungan,W.A, Psikologi Pendidikan, Yogjakarta: Rajawali, 1980.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Herman Warsito, Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Gema Gramedia Pustaka Utama, 1992.
Joudah Muhammad Awwad, Mendidik Anak Secara Islami, Jakarta: Gema Press 1987.
Koutsar Muhammad A-Mainawi, Hak-hak Anak Dalam Keluarga Muslim, Terjemahan Souri Suduhri, Cet 1, Jakarta: Pustaka Al-Koutsar, 1996.
Moh. Irfan., MaJalah Ikhlas Beramal, “Pendidikan Agama Dalam Keluarga” Jakarta , 2001.
Muhammad Arifin, M,Ed, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang,1978.
Muhammad Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997.

61
 
Muhammad Ngalim, Mp. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdda Karya, 1992.
MadePiderta, Landasan Kependidikan,  Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Mazhahiri Husain, Pintar Mendidik Anak Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja,, Jakarta: Bina Aksara 1989.
Muhammad Athiyah Al-Absyari, Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, Tp. Daral Fikri Al-Arabi, tt.
________, Terjemahan Bustami Dan Djohan Bahri, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.
Muhammad Sa’id Maulawi, Mendidik Generasi Islami, Cet I, Jogjakarta: Izzan Pustaka,2002.
Muhammad Taqi Falsafi, Anak Antara Kekuatan Gen dan Pendidikan, Bogor:  Cahaya 2002.
Muhibbin Syah, Psikologi Pedidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.
Nasir Budiman, Pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an ,  Jakarta:  Madani press, 2001.
Poerwadaminta,W.j.S Kamus Umum bahasa Indonesia, Jakarta: PT.Balai Pustaka, 1976.
Saiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rinneka Cipta,  2002.
Sardim­­an A.M, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 1992.
________, Interaksi Dan Motivasi Dalam Belajar, Jakarta: Rajawali, 1987.
Sastropraja M, Kanus Istilah Pendidikan Pengajaran dan Umum, Surabaya: Usha Nasional, 1987.
Soemardi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 1990.
Soergarda Poerbawakatja, Ensiklopedi Pendidikan, Cet.II, Jakarta: Gunung Agung, 1981.
Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Jakarta: Bina Aksara 19882
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1993.
________, Prosedur Penelitan, Edisi Revisi V, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.
Sulaiman Sudarsono, Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Cet I, Jakarta: Renika Cipta, 1994.
Sutari Imam Bernadib, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: Andi Offes, 1997.
Wasty Soemanto, Psikologi pendidikan, Malang: Rineka Cipta 1990.
________, Psikologi Pendidikan; Landasan Kerja Pemimpi Pendidikan, Jakarta: Rinneka Cipta, 2003.
Zakiah Drajat, Pembinaan Anak, Cet IV, Jakarta: Bulan Bintang, 1982.
________, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.       
Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

0 komentar:

Posting Komentar