ABSTRAK
Islam adalah agama yang paling sempurna dalam segala hal,
serta bentuk peraturan yang paling teratur, disamping teratur dalam bidang
ibadah juga sangat teratur dalam bidang bermu’amalah antara sesama manusia
seperti bewakaf. Alih fungsi harta wakaf merupakan fenomena yang sering terjadi
dan sering menimbulkan masalah antara satu pihak dengan pihak lain. Alih fungsi
harta wakaf adalah harta yang telah diwakaf namun tidak mungkin dimanfaatkan
lagi. Berdasarkan latar belakang diatas judul skripsi ini “Alih Fungsi
Harta Wakaf Menurut Fiqh Syafi’iyah dan Hukum Positif”. Membahas
tentang perbandingan hukum wakaf antara fiqh Syafi’iyah dan hukum positif,
metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif komperatif, yaitu suatu metode
untuk menggambarkan data kualitatif selanjutnya memperbandingkan antara satu
dengan yang lain. Sehubungan dengan pembahasan terhadap status hukum alih
fungsi harta wakaf menurut fiqh Syafi’iyah dan hukum positif yang akan penulis
paparkan, sedikit banyak berdasarkan penjelasan ini akan memberikan solusi dan
jawaban terhadap permasalahan yang berhubungan dengan alih fungsi harta wakaf.
Wakaf merupakan salah satu amal shaleh bagi siwakif dan mempunyai nilai ganda yaitu
sebagai amal ibadah istimewa kelak akan mendapat pahala terus-menerus bagi
siwakif selama benda wakaf tersebut masih digunakan atau dimanfaatkan oleh
masyarakat walaupun siwakif telah meninggal dunia. Berdasar hasil penelitian
alih fungsi harta wakaf baik menurut fiqh syafi’iyah dan hukum positif sejalan,
karena kedua hukum itu bertujuan untuk dapat mengekalkan manfaat benda yang diwakafkan sesuai dengan tujuan
wakaf. Namun dalam hukum positif tidak mengkaitkan apakah berubah bentuk asli
harta wakaf atau tidak, tetap dibolehkan alih fungsi. Berbeda halnya menurut
fiqh syafi’iyah selain mendatangkan manfaat yang lebih baik juga memperhatikan
tidak boleh berubah bentuk asli harta wakaf. Harta wakaf dapat dipergunakan
bagi tempat peribadatan atau keperluan lainnya sesuai dengan tuntutan syari’at
Islam. Pengalihan harta wakaf tetap dibolehkan oleh agama dan pemerintah selama
tetap memperhatikan kepada maslahah harta tersebut dan kegunaannya bagi umat
sampai akhir masa kemaslahatan.
BAB
V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang
telah penulis uraikan dalam bab-bab terdahulu, maka dalam bab ini penulis
merasa perlu memberikan beberapa kesimpulan mengenai yang telah diuraikan
sebelumnya.
1.
Alih Fungsi Harta Wakaf dapat dilakukan selama
tidak berubah bentuk aslinya dan tidak berubah kenama lain dari harta wakaf
tersebut. Harta wakaf yang telah dialihkan itu harus menjadi harta yang lebih
strategis, produktif dan terbedayakan untuk kepentingan Agama dan umat Islam.
2.
Perbedaan antara fiqh Syafi’iyah dan hukum
positif tentang alih fungsi harta wakaf adalah menurut fiqh Syafi’iyah dibolehkan
alih fungsi harta wakaf asalkan tidak berubah maksud wakif dan tidak berubah
nama benda yang diwakafkan. Sementara hukum positif tidak memandang hal yang
demikian, yang penting nilai ekonomisnya ada dan lebih produktif.
B.
Saran-saran
Berdasarkan pembahasan di atas, maka penulis
ingin mengajukan beberapa saran diantaranya :
1. Harta wakaf yang diyakini sebagai aset pembangunan umat (agama) dalam islam
bahkan menjadi salah satu fondasi terpenting dalam perekonomian islam, maka
untuk mewujudkannya, sangat diperlukan kesadaran terhadap umat untuk mewakafkan
hartanya bagi kepentingan umat dan agama ini.
2. Untuk memelihara harta wakaf dan pemanfaatannya dengan baik, maka harta
wakaf harus dikelola dengan sangat professional dan manajemen modern.
3. Alih fungsi harta wakaf harus dilakukan dengan sangat hati-hati, hal ini
karena menyangkut harta bersama (agama) yang harus dimanfaatkan secara tepat
guna dan tanpa menimbulkan fitnah bagi siwakif dan pengurusnya.
4. Oleh karena alih fungsi harta wakaf sangat sering terjadi di Indonesia,
maka untuk melakukannya dan bisa diterima oleh masyarakat, diperlukan
sosialisasi secara optimal dalam masyarakat.
5. Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tidak produktif harta-harta wakaf,
maka pemerintah mesti ikut mengentrol dan mengidentifikasi serta meniventarisir
dengan sangat teliti harta-harta wakaf itu yang ada dalam masyarakat yang tidak
dapat atau kurang dimanfaatkan lagi untuk kepentingan umat (agama). Kemudian
pemerintah mengalihkan harta wakaf untuk dapat member manfaat bagi umat.
6. Pemerintah harus mampu membangun kesadaran masyarakat untuk tidak membiarkan
harta-harta wakaf terbangkalai begitu saja yang tersebar dalam masyarakat yang
kurang dimanfaatkan oleh para pengurus harta wakaf.
Saya telah mengalih fungsikan bangunan gudang menjadi Posyandu. Sebelum di alih fungsikan saya telah menyiapkan bangunan untuk penggantinya. Hal ini disebabkan letak dan bentuk bangunan gudang tidak sesuai dengan fungsinya. Karena gudang itu di bangun di tengah-tengah komplek bangunan masjid. Tidak dipinggir. Jadi sangat cocok untuk bangunan Posyandu. Mohon penjelasan menurut syariat Islam.
BalasHapus